SEO adalah singkatan dari "search engine optimization"
(pengoptimalan mesin telusur) atau "search engine optimizer".
Penggunaan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat
situs Anda dan menghemat waktu, tapi juga berisiko tinggi terhadap situs dan
reputasi. Pastikan meneliti kemungkinan keuntungan serta kelemahan yang dapat
ditimbulkan oleh SEO yang tidak bertanggung jawab terhadap situs Anda. Banyak
SEO dan agen serta konsultan lain yang menyediakan layanan yang bermanfaat bagi
pemilik situs web, meliputi:
·
Ulasan tentang konten atau struktur situs Anda
·
Saran teknis tentang pengembangan situs web: misalnya, hosting,
pengalihan, laman kesalahan, dan penggunaan JavaScript
·
Pengembangan konten
·
Manajemen kampanye pengembangan bisnis online
·
Penelitian kata kunci
·
Pelatihan SEO
·
Keahlian dalam pasar dan geografis tertentu.
Perlu diingat bahwa laman hasil penelusuran Google menyertakan
hasil penelusuran organik dan sering kali juga menyertakan iklan berbayar (yang
ditandai dengan "Iklan" atau "Sponsor"). Beriklan dengan
Google tidak akan memengaruhi kemunculan situs Anda dalam hasil penelusuran
kami. Google tidak menerima bayaran untuk menyertakan atau memberi peringkat
situs dalam hasil penelusuran kami, dan tidak perlu biaya untuk muncul dalam
hasil penelusuran organik kami. Sumber daya gratis seperti Search Consol, blog Webmaster Central resmi,
dan forum diskusi kami
dapat memberikan banyak informasi tentang cara mengoptimalkan situs Anda untuk
penelusuran organik.
Sebelum mulai mencari SEO, alangkah baiknya Anda memahami dan
mengenali dahulu cara kerja mesin telusur. Sebaiknya mulai dari sini:
Jika Anda berencana menggunakan jasa SEO, semakin cepat semakin
baik. Waktu yang tepat untuk mempekerjakan SEO adalah saat Anda mempertimbangkan
perancangan ulang situs atau berencana meluncurkan situs baru. Dengan cara itu,
Anda dan SEO dapat memastikan bahwa Anda merancang situs yang ramah mesin
telusur. Akan tetapi, SEO yang baik juga dapat membantu Anda meningkatkan situs
yang sudah ada.
Beberapa pertanyaan berguna untuk ditanyakan kepada SEO
meliputi:
·
Dapatkah Anda menunjukkan kepada saya contoh hasil kerja
sebelumnya dan berbagi beberapa kisah sukses?
·
Apakah Anda mematuhi Pedoman Webmaster Google?
·
Apakah Anda menawarkan layanan pemasaran online atau nasihat
untuk melengkapi bisnis penelusuran organik Anda?
·
Jenis hasil pencarian apakah yang ingin Anda lihat dan dalam
batasan waktu apa? Bagaimana Anda mengukur keberhasilan Anda?
·
Apa pengalaman Anda dalam industri saya?
·
Apa pengalaman Anda di negara/kota saya?
·
Apa pengalaman Anda dalam mengembangkan situs internasional?
·
Apa teknik SEO yang terpenting bagi Anda?
·
Sudah berapa lama Anda bekerja dalam bisnis ini?
·
Bagaimana cara saya menghubungi Anda? Apakah Anda bersedia
memberi tahu semua perubahan yang Anda lakukan pada situs saya, dan menyediakan
informasi mendetail tentang rekomendasi Anda serta semua alasannya?
Meskipun banyak SEO yang memberikan layanan yang bernilai kepada
klien, tapi ada beberapa SEO yang tidak bertanggung jawab yang telah mencoreng
industri ini dengan tindakan pemasaran yang sangat agresif dan tindakan
manipulasi hasil mesin telusur dengan cara-cara yang tidak adil. Praktik yang
melanggar pedoman kami dapat menyebabkan penyesuaian yang negatif atas
kehadiran situs Anda di Google atau bahkan penghapusan situs Anda dari indeks
kami. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:
Salah satu scam yang umum adalah pembuatan domain
"bayangan" yang mengarahkan pengguna ke suatu situs menggunakan
pengalihan palsu. Domain bayangan ini sering kali adalah domain milik SEO yang
mengaku bekerja atas nama klien. Akan tetapi, jika terjadi hubungan tidak baik,
SEO akan mengarahkan domain ke situs lain, atau bahkan ke domain kompetitor.
Jika itu terjadi, klien harus membayar untuk mengembangkan situs saingan yang
dimiliki sepenuhnya oleh SEO.
Praktik terlarang lainnya adalah memasang laman
"doorway" (gerbang) yang dijejali kata kunci pada situs klien. SEO
menjanjikan membuat laman lebih relevan dengan berbagai kueri. Hal ini salah
karena setiap laman jarang sekali relevan dengan kata kunci yang sangat banyak
pilihannya. Tetapi, yang lebih berbahaya adalah bahwa laman doorway tersebut
sering kali mengandung tautan berbahaya ke klien lain SEO juga. Laman doorway
seperti itu dapat mengurangi popularitas tautan suatu situs dan mengarahkannya
ke SEO serta klien lainnya, yang dapat menyertakan situs yang memiliki konten
tidak layak atau ilegal.
Jika merasa ditipu oleh SEO, Anda dapat melaporkannya.
Di Amerika Serikat, Komisi Perdagangan Federal (Federal Trade
Commission / FTC) menangani keluhan tentang praktik penipuan atau bisnis yang
tidak adil. Untuk mengajukan keluhan, buka: http://www.ftc.gov/ dan
klik "Ajukan Keluhan secara Online", hubungi 1-877-FTC-HELP (khusus
AS), atau kirim pesan ke:
Federal Trade Commission
CRC-240
Washington, D.C. 20580
Jika keluhan Anda ditujukan untuk perusahaan di negara selain
Amerika Serikat, silakan kirim kehttp://www.econsumer.gov/.
·
Berhati-hatilah dengan perusahaan SEO dan konsultan atau agen
web yang mengirimi Anda email yang tidak diharapkan.
Secara luar biasa,
kami juga mendapat email spam tersebut:
"Yang terhormat
google.com,
Saya telah mengunjungi
situs web Anda dan menemukan bahwa situs web Anda tidak tercantum dalam mesin
telusur utama dan direktori..."
Bersikaplah skeptis
terhadap email yang tidak diharapkan tentang mesin telusur, sama seperti Anda
menyikapi email iklan pil "diet saat tidur" atau permintaan
pengiriman uang dari pelaku kriminal.
·
Tidak ada yang dapat menjamin peringkat #1 di Google.
Hati-hati terhadap SEO
yang mengklaim dapat menjamin peringkat, menyatakan memiliki "hubungan
khusus" dengan Google, atau mengiklankan "pengiriman prioritas"
ke Google. Tidak ada pengiriman prioritas untuk Google. Kenyataannya,
satu-satunya cara untuk mengirimkan situs ke Google secara langsung adalah
melalui laman Tambah URL kami
atau dengan mengirimkan Peta Situs dan
Anda dapat melakukannya tanpa biaya sedikit pun.
·
Berhati-hatilah dengan perusahaan yang bersifat rahasia atau
tidak memberi tahu dengan jelas apa yang akan dilakukan.
Mintalah penjelasan
jika ada yang tidak jelas. Jika SEO membuat konten palsu atau menyesatkan atas
nama Anda, seperti laman doorway atau domain "throwaway", situs Anda
akan dihapus sepenuhnya dari indeks Google. Pada akhirnya, Anda bertanggung
jawab atas tindakan perusahaan yang Anda gunakan jasanya, jadi alangkah baiknya
jika Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana mereka akan membantu Anda. Jika
sebuah SEO memiliki akses FTP ke server Anda, seharusnya SEO dapat menjelaskan
semua perubahan yang dibuatnya terhadap situs Anda.
·
Anda tidak perlu memasang tautan ke SEO.
Hindari SEO yang
mengatakan tentang kekuatan tautan "gratis untuk semua", skema
kepopuleran tautan, atau mengirimkan situs Anda ke ribuan mesin telusur. Ini
adalah praktik yang tidak berguna dan tidak memengaruhi peringkat Anda dalam
hasil penelusuran dari mesin telusur besar -- setidaknya, tidak sesuai dengan
harapan Anda.
·
Pilih dengan bijak.
Jika Anda berencana
memanfaatkan jasa SEO, sebaiknya lakukan riset tentang industri tersebut. Tentu
saja, Google merupakan salah satu cara untuk melakukannya. Anda mungkin juga
melihat beberapa cerita yang memperingatkan Anda di media cetak, termasuk
artikel tentang SEO yang agresif ini:http://seattletimes.nwsource.com/html/businesstechnology/2002002970_nwbizbriefs12.html.
Karena Google tidak berkomentar tentang perusahaan tertentu, kami menemukan
beberapa perusahaan yang menganggap diri mereka SEO yang mengikuti praktik yang
jelas-jelas tidak sesuai etika bisnis yang berlaku. Berhati-hatilah.
·
Anda harus mengerti ke mana uang Anda mengalir.
Sementara Google tidak
pernah menjual peringkat yang lebih baik dalam hasil penelusuran kami, beberapa
mesin telusur lain mengombinasikan hasil bayar per klik atau bayar untuk
penyertaan dengan hasil penelusuran web reguler mereka. Beberapa SEO
menjanjikan akan memberi Anda peringkat tinggi dalam mesin telusur, tapi
menempatkan Anda dalam bagian periklanan dan bukan dalam hasil penelusuran.
Beberapa SEO bahkan mengubah harga penawarannya dalam waktu nyata untuk
menunjukkan seakan-akan mereka memiliki "kendali" atas mesin telusur
lain dan dapat menempatkan dirinya sesuai keinginan. Scam ini tidak bekerja di
Google karena periklanan kami benar-benar dilabeli dan terpisah dari hasil
penelusuran, tapi pastikan Anda menanyakan SEO apa pun tentang biaya mana yang
dikeluarkan untuk pencantuman permanen dan mana yang untuk periklanan
sementara.
·
Penyalahgunaan apa yang paling sering ditemui pemilik situs web?
·
Hal lain apa yang perlu diwaspadai?
Ada beberapa tanda
peringatan yang mungkin akan Anda temui dengan SEO nakal. Hal ini jauh dari
daftar komprehensif, jadi jika Anda memiliki keraguan, sebaiknya percayalah
pada naluri Anda. Dengan cara apa pun, Anda dapat menghindar apabila SEO:
·
memiliki domain bayangan
·
memasang tautan ke klien lainnya pada laman doorway
·
menawarkan penjualan kata kunci dalam bilah alamat
·
tidak membedakan antara hasil penelusuran aktual dan iklan yang
muncul di laman hasil penelusuran
·
menjamin peringkat, tapi hanya pada frasa kata kunci yang
panjang dan tidak jelas yang akan Anda dapatkan.
·
beroperasi dengan beberapa alias atau info WHOIS palsu
·
mendapatkan lalu lintas dari mesin telusur "palsu",
spyware, atau scumware
·
memiliki domain yang telah dihapus dari indeks Google atau tidak
terdaftar dalam Google
·
Pengertian
Pemasaran online dengan kata yang cukup mudah, adalah
strategi atau metode untuk mengenalkan konsumen/publik dengan brand/produk/jasa
sebuah perusahaan/bisnis. Pemasaran online atau disebut juga sebagai internet
marketing atau sebagian orang menyebutnya iklan online. Dalam hal ini medium
yang kita pakai adalah internet. Hal yang paling sederhana yang harus diingat
adalah, bagaimana berinovasi terus menerus agar produk/jasa anda dapat lebih
mudah ditemukan di internet.
·
·
Pemasaran online yang baik tentunya
akan membuat bisnis anda dapat diakses oleh konsumen yang tepat. Menurut penelitian
terakhir, sebelum mengambil keputusan membeli, konsumen selalu menyempatkan
browsing informasi di Internet, entah hanya membandingkan harga maupun mau tahu
spesifikasinya.
·
·
Ketika kita membicarakan strategi
pemasaran online, memiliki website memainkan peran penting dalam kemampuan
perusahaan anda untuk mencapai target audiens. Alasannya simpel, pelanggan
potensial mencari informasi, produk atau layanan yang Anda berikan di situs web
Anda. Sebuah website memberikan eksistensi online yang memungkinkan pelanggan
untuk mengetahui lebih lanjut tentang perusahaan Anda, layanan Anda dan jenis
produk yang Anda jual. Jika anda tidak memiliki dana yang cukup, anda bisa
membuat website secara kolektif, ya kenapa tidak? website jenis ini tentunya
memiliki kelebihan tertentu yang mungkin belum anda ketahui, contohnya admin
yang banyak dan beban harga operasional website yang akan lebih murah.
·
·
Setelah website, anda harus mulai
memikirkan tentang promosi yang tepat. Jangan sampai salah promosi, karena bisa
membuat anda berperasangka bahwa pemasaran online tidak efektif. Hal ini sering
terjadi dengan beberapa klien baru kami, paradigma mereka tentang pemasaran
online adalah mahal dan tidak efektif, nah loh? Hal ini terjadi ketika mereka
belum mengenal SEO sebagai cara untuk pemasaran di Internet. Mereka dulu
melakukan SEM atau Search Engine Marketing *iklan berbayar. Untuk diketahui,
SEM lebih cenderung digunakan untuk pemasaran jangka pendek, kecuali anda
memiliki budget promosi yang tak terbatas :)
0 komentar:
Posting Komentar